Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia. Jumlah penduduk di Indonesia adalah 237.641.326 jiwa pada tahun 2010, dengan pesebaran 49,79% bertempat tinggal di daerah perkotaan dan sebanyak 50,21% di daerah perdesaaan. Tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, baik secara alami maupun akibat migrasi, mendorong kebutuhan transportasi yang sangat tinggi.

Saat ini, kota berkembang banyak mengalami masalah transportasi seperti ketergantungan penggunaan kendaraan
pribadi, memburuknya angkutan umum perkotaan serta prasarana yang terbatas. Fasilitas angkutan publik yang kurang memadai dapat disebabkan persiapan yang kuran gmemadai. Dalam perkembangannya, selain dipengaruhi oleh kepadatan penduduk dan kecepatan pertumbuhan penduduk, sistem transportasi juga dipengaruhi oleh faktor geogras wilayah di Indonesia yang memiliki bentang alam yang beragam.

Pertumbuhan kendaraan di Indonesia mencapai 104.118. 969 pada tahun 2013 dan terus berkembang setiap tahunnya. Hal ini menjadi tantangan yang harus diselesaikan untuk mempercepat pembangunan bangsa.

Untuk itu, kami Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil, Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, melalui serangkaian acara 6th Civil In Action bertemakan “Achieving An Integrated Nation Through Sustainable Development” mengajak masyarakat untuk ikut serta berperan aktif dalam menyongsong Indonesia yang makmur dan sejahtera. Acara ini ditujukan sebagai wadah olah pikir dan karya para partisipan untuk melahirkan generasi yang inovatif dan kompetitif. Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan para akademisi, praktisi, masyarakat dan pemerintah untuk saling bekerjasama menuju Indonesia yang lebih baik.