Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, biasa dikenal dengan Kementerian PUPR, mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Sedangkan fungsinya ada sembilan butir, yang antara lain ialah, pengelolaan barang milik/kekayaan Negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; dan pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di daerah.

Struktur organisasi Kementerian PUPR terdiri atas seorang menteri sebagai pemimpin pusat, dibantu oleh staf-staf ahli di bidang Keterpaduan Pembangunan, bidang Ekonomi dan Investasi, bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat, bidang Hubungan Antar Lembaga, dan bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan. Di bawah menteri, terdapat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, dan Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan. Masih setara dengan direktorat-direktorat tersebut, terdapat Inspektorat Jenderal yang membawahkan Inspektorat I, Inspektorat II, Inspektorat III, Inspektorat IV, dan Inspektorat V. Selain Inspektorat Jenderal, terdapat pula Sekretariat Jenderal yang membawahkan berbagai biro. Terakhir, ada tiga badan yaitu Badan Pengembangan Infastruktur Wilayah, Badan Penelitian dan Pengembangan, dan Badan Pengembangan SDM.

Sesuai fungsi dan peranannya dalam pembangunan dan pembinaan prasarana guna memanfaatkan bumi dan air serta kekayaan alam bagi kemakmuran rakyat dengan berlandaskan Pancasila, Kementerian PUPR mengerti betul betapa pentingnya generasi muda bagi masa depan. Oleh karena itu, Kementerian PUPR pun mendukung salah satu acara yang termasuk dalam rangkaian 6th Civil in Action, yaitu Seminar Nasional: “Urban Railway Construction for Economic Development”. Acara yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada ini akan diadakan pada 6 Mei 2017 di Eastparc Hotel, Yogyakarta. Dengan menghadirkan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ir. Budi Karya Sumadi, sebagai keynote speaker, acara ini diyakini mampu menjadi salah satu sarana bagi generasi muda untuk menambah wawasan serta memahami betul tantangan yang kelak mungkin dihadapi bangsa.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sejatinya dibentuk demi kebaikan negeri, dan oleh karena itu, acara-acara yang sesuai dengan visi serta misinya harus didukung. Kepedulian tiap penduduk Indonesia merupakan kunci bagi kesejahteraan bersama dan pada dasarnya, kerjasama ialah sebuah keharusan demi kemaslahatan bangsa. Demikianlah sekilas tentang profil Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sebuah lembaga dari kita, oleh kita, dan untuk kita, rakyat Indonesia.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *