UNIID (University Network for Indonesia Infrastructure Development) atau dalam bahasa Indonesia adalah JPII (Jaringan Perguruan Tinggi untuk Pembangunan Infrastruktur Indonesia) merupakan network dari perguruan tinggi di Indonesia yang menaruh perhatian terhadap pengembangan kebijakan, riset, dan pembelajaran dalam bidang infrastruktur. Jaringan ini difasilitasi untuk pertama kali oleh PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (BUMN-Persero) dan telah diresmikan oleh Menristekdikti pada tanggal 6 November 2015. Semua universitas yang menjalin MoU dengan PT PII adalah anggota UNIID. Saat ini, UNIID memiliki 26 anggota yang merupakan perguruan tinggi negeri. Harapan kedepan, keanggotaan akan diperluas ke perguruan tinggi lain baik negeri maupun swasta.

Dengan misi mengembangkan riset, membangun sumber daya manusia, dan mengembangkan kerjasama dan pertukaran informasi dalam pengembangan infrastruktur Indonesia, UNIID diharapkan dapat menjadi wadah bagi perguruan tinggi yang dapat memberikan solusi dalam pengembangan infrastruktur Indonesia yang berkualitas dan berkeadilan untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

UNIID memiliki banyak program kerja, di antaranya ialah penyusunan agenda research bersama, pemetaan keahlian anggota UNIID, capacity building dan advokasi badan pemerintah terkait pengembangan infrastruktur, serta lainnya. Pertemuan pengurus pun dilaksanakan secara rutin setiap tahun demi membahas hal-hal penting terkait organisasinya. Dialog yang mendiskusikan berbagai topik juga digelar dengan mengutamakan kepentingan bangsa, bukan golongan. Acara-acara UNIID sendiri diadakan di lokasi perguruan tinggi yang menjadi anggotanya secara bergantian.

Acara-acara lainnya yang membahas isu maupun permasalahan akan keberlangsungan suatu infrastruktur di Indonesia yang kerap kali diusung oleh berbagai perguruan tinggi pun turut menjadi perhatian utama UNIID. Seperti halnya UNIID mendukung salah satu acara dalam rangkaian 6th Civil in Action yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada yaitu Seminar Nasional “Urban Railway Construction for Economic Development”. Dengan topik utama mengenai infrastruktur perkeretaapian di Indonesia, acara tersebut akan dilaksanakan di Eastparc Hotel di Yogyakarta pada hari Sabtu 6 Mei mendatang. Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ir. Budi Karya Sumadi, yang akan menjadi keynote speaker acara tersebut.

UNIID didirikan dengan tujuan mulia demi kemaslahatan bersama, yaitu adanya riset yang memberikan solusi dalam pengembangan infrastruktur, adanya sumber daya manusia unggul di bidang infrastruktur, dan adanya kerjasama yang berkualitas dan berkelanjutan. Demikianlah UNIID dengan segala pernak-perniknya. UNIID, sebuah simbol dan wujud inisiatif warga negara demi kemajuan bangsa.

 

UNIID (University Network for Indonesia Infrastructure Development)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *